Fatwa HalalFoodSain HalalSertifikasi HalalUpdate

Mengapa Makanan Kucing Harus Bersertifikat Halal?

Assalamu’alaikum Sobat Halal-Mu

Kamu pecinta kucing dan memelihara kucing di rumah? Sudah perhatikan kehalalan makanan yang kamu berikan ke kucingmu?

Simak yuk alasan kenapa makanan kucing harus halal!

Kucing merupakan hewan yang bersahabat dan dekat dengan manusia. Kucing dapat tidur dan beraktivitas di mana saja terutama di tempat-tempat yang sering ditempati oleh manusia. Tak jarang kucing juga menjilat, menggigit tubuh manusia begitupun manusia mencium, menyentuh tubuh kucing dan menyentuh secara langsung makanan kucing tersebut.

Berikut alasan mengapa makanan kucing perlu disertifikasi halal:

  1. Makanan kucing dapat mengandung bahan najis yang jika manusia menyentuhnya maka akan terkontaminasi oleh bahan haram tersebut. Makanan kucing bukan hanya menggunakan bahan ikan, namun dalam proses pembuatan makanan tersebut juga mencampurkan bahan-bahan tambahan seperti protein hewani, vitamin, asam amino dan lain sebagainya.
  2. Terkait penyimpanan, makanan kucing tersebut tidak boleh bercampur dengan tempat atau wadah yang sama milik manusia. Tidak boleh dalam satu kulkas yang sama, harus dengan kulkas terpisah. Juga dengan pencucian barang milik kucing harus terpisah dengan barang milik manusia.
  3. Kehalalan pada makanan kucing bukan berarti boleh dikonsumsi oleh manusia. Kehalalan pada makanan tersebut tentunya thayyiban atau baik bagi kucing, bukan manusia.

Semoga bermanfaat.

Halal Is Our Need, Our Quality and Our Choice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *